WhatsApp Kini Hadir Di Desktop

Horas Silalahi | May 24, 2016 | | |
Horas bah!!!
Beberapa versi WhatsApp

Aplikasi WhatsApp (disingkat WA) merupakan salah satu aplikasi mobile messenger yang telah digunakan oleh lebih dari 700 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Sesuai dengan target utamanya yaitu para pengguna smartphone, WA pun tersedia untuk berbagai sistem operasi smartphone seperti versi android, blackberry, ios, juga windows phone.
Berawal dari mobile messenger kini WA meningkatkan layanannya dengan menghadirkan WA versi desktop yang dapat digunakan untuk sistem operasi komputer Mac dan Windows. Seperti yang dilansir dalam kanal Blog WhatsApp, versi desktop ini tersedia untuk Windows 8 (+) dan Mac OS 10.9 (+).




Introducing WhatsApp's desktop app


Today we're introducing a desktop app so you have a new way to stay in touch anytime and anywhere - whether on your phone or computer at home or work. Like WhatsApp Web, our desktop app is simply an extension of your phone: the app mirrors conversations and messages from your mobile device.
The new desktop app is available for Windows 8+ and Mac OS 10.9+ and is synced with WhatsApp on your mobile device. Because the app runs natively on your desktop, you'll have support for native desktop notifications, better keyboard shortcuts, and more.
Jauh sebelum peluncuran WA versi desktop ini, sebenarnya WA pun sudah bisa di akses menggunakan PC lewat WhatsApp Web dengan bantuan browser komputer. Cukup dengan mengakses http://web.whatsapp.com dan melakukan scan barcode kita sudah bisa ber-WA ria lewat PC. Namun untuk memudahkan pengguna, WA meluncurkan versi desktop sehingga tidak harus repot-repot lagi membuka browser laptop /PC.
WhatsApp Web version

Secara umum, tampilan interface WA versi desktop dengan versi web ini tidak jauh berbeda. Cara menggunakannya pun sama, yaitu tetap melalui scanning barcode. Perbedaannya hanya ada pada menu pilihan. Pada WA versi web tidak tampak adanya pilihan menu. Yang ada hanyalah hamburger button, berupa 3 garis bertumpuk yang di dalamnya terdapat menu New Group, Profile & Status, Archived, Settings, dan Log out. Sedangkan untuk WA desktop version terdapat lima menu pilihan yaitu WhatsApp, Edit, View, Chat, dan Help. Dan kalau di breakdown pada masing-masing menu terdiri dari beberapa pilihan lagi seperti pada WhatsApp terdiri dari menu New Chat, New Group, Profile status, dan Log out. Pada menu Edit terdapat pilihan Undo, Redo, Cut, Copy, Paste, Select All, dan Search. Menu View terdiri dari Zoom In, Actual Size, Zoom Out, Next Chat, dan Previous Chat. Sementara untuk menu Chat terdapat pilihan seperti Archive Chat, Mute, Delete chat, dan Mark as unread. Dan yang terakhir untuk menu Help di dalamnya terdapat informasi tentang versi WA, shortcut untuk update aplikasi, Terms and Privacy Policy, serta forum tanya jawab seputar aplikasi WA (FAQ).
WhatsApp desktop version
Jujur, aplikasi WA versi desktop ini sangat membantu bagi teman-teman yang sehari-harinya aktif di depan komputer namun tidak mau ketinggalan komunikasi WA dengan teman, kerabat, maupun kliennya. Tidak perlu lagi repot-repot pegang hape hanya untuk balas chatt teman. Semua chatt yang masuk ke smartphone akan tampil pada desktop, demikian pula sebaliknya. So, tidak perlu takut kehilangan history chatt-nya. Hanya saja untuk menikmati chatting WA di desktop, WA yang ada di smartphone juga harus selalu aktif.
Mungkin ada yang bertanya, bagusan mana antara WA versi web atau versi desktop? Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Versi web bisa dibilang praktis namun pilihan menunya terbatas. Sedangkan versi desktop terbilang bagus, namun perlu donwload aplikasinya. Silahkan dipilih sendiri ya :)
Untuk yang mau mencoba versi desktop, silahkan buka laman berikut langsung dari browser komputer kemudian klik download.

Sumber : https://www.whatsapp.com/

5 comments:

  1. Udah nyobain, tapi lebih enak disambi pake hape tetepan. Aplikasi di PC berat, lagian hape juga tetap harus on karena rupanya saya kaya versi web dulu. Jadi kalo pas lagi di depan PC malah mending pegang-pegang hape buat selingan. IMHO ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kelemahannya dari versi web dan desktop ini, WA yang di hape tetap harus ON.
      So, kembali ke user nyamannya seperti apa :)

      Thanks atas kunjungannya.

      Delete
  2. aku sudah pakai ini lama, kalau lagi on di PC pasti aku buka, tapi ya itu kadang sinyal hp ilang2 dan koneksi putus WA di PC ikutan putus jugaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu kelemahannya sih, semoga ke depannya bisa menyerupai FB Messenger jadi gak mesti sinkron ke hape lagi, apps bisa berjalan sendiri2, Secara WA udah join ke FB :D

      Delete
  3. Hmmm aku kurang suka sama wa yg di desktop ini, aku lebih memilih makek line desktop. Soalnya ya itu kalo wa kan hp nya kudu terkoneksi internet juga, sedangkan aku gada smartphone, kwkwkw

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mau berkunjung dan meninggalkan jejak di mari.

badge