4 Hal Penting Dalam Membangun Startup Modern

February 15, 2019

Horas bah!!!

Perusahaan rintisan atau yang biasa dikenal sebagai perusahaan Startup menjadi tren baru di dunia bisnis generasi muda saat ini. Pergeseran makna dari perusahaan rintisan konvensional menjadi perusahaan yang memakai teknologi dan inovasi dalam perusahaan yang baru berjalan membuat bidang bisnis ini semakin seksi. Inti bisnis dijalankan melalui berbagai teknologi modern yang bisa menjangkau lebih banyak pasar, menjadikan banyak anak muda tertarik memulai perusahaan startup di Indonesia.

Teman-teman berminat juga untuk membuat startup? Jika tertarik membangun perusahaan startup modern, teman-teman bisa mulai memastikan beberapa hal berikut :

1. Jalani Sesuai Bidang

Bekerja sesuai dengan keahlian dan kegemaran tentu akan lebih menyenangkan. Membangun perusahaan berdasarkan apa yang teman-teman tekuni menjadi bekal yang bagus untuk bisnis. Di samping itu teman-teman telah mengetahui seluk beluk dunia bisnis yang akan dirintis.

Dengan mendalami bidang yang disukai, akan semakin mudah menemukan berbagai peluang dan kemungkinan. Celah-celah bisnis dan peluang menjadi lebih mudah digapai. Dengan begitu, teman-teman bisa mulai bisnis yang bisa mengusik eksistensi calon pesaing nantinya.

2. Berdasar Data

Untuk menentukan keputusan-keputusan penting biasakan untuk berdasarkan pada data. Teman-teman harus melakukan penelitian pasar untuk menentukan target pasar. Misal, untuk memasarkan bisnis melalui media sosial, teman-teman harus melakukan riset media sosial mana yang paling sering dipakai oleh target pasar bisnis teman-teman.

Apapun yang akan perusahaan teman-teman lakukan, harus memastikan bahwa keputusan bisnis yang dipilih merupakan hasil analisis dari data yang valid. Insting dan intuisi tidak akan berarti di bisnis startup Indonesia.

3. Orisinalitas

Membangun bisnis startup Indonesia tidak melulu mengikuti tren apa yang sedang laku di pasaranan. Menjadikan bisnis teman-teman sebagai pengikut saja tidak cukup untuk membangun pondasi bagi masa depan startup. Yang teman-teman butuhkan adalah ide, kreativitas, dan inovasi dari apa yang teman-teman sudah mulai.

Orisinalitas berarti membuat ide-ide yang unik, baru, dan inovatif dari ide dasar bisnis startup. Pasar tentu akan lebih tertarik dengan hal-hal yang selalu baru, dibanding bila teman-teman hanya menawarkan hal yang selalu sama. Hal-hal baru tersebut haruslah unik dan memiliki nilai guna yang lebih bagi pelanggan. Misalnya saja seperti meluncurkan aplikasi yang akan mempermudah pelanggan membeli produk dari bisnis teman-teman. Pola pemesanan dan pengirimannya haruslah unik dan berbeda dari pesaing yang ada. Tentunya, harus lebih memudahkan pembeli.

4. Cari Pendukung

Membangun perusahaan startup Indonesia tentu akan susah teman-teman eksekusi sendiri. Pastinya setiap orang memiliki banyak keterbatasan di berbagai bidang. Untuk itu tentu harus ada dukungan. Buatlah tim kecil bersama orang-orang yang teman-teman percaya dan ahli di bidangnya. Tidak ada salahnya pula teman-teman meminta bantuan jasa konsultan startup yang terpercaya untuk mengeksekusi ide dan rencana teman-teman.

Nah, semoga sedikit tips ini dapat membantu dan memberi manfaat bagi teman-teman yang hendak membuka bisnis startup. Tapi, selain memastikan empat hal di atas. Hal paling penting yang harus teman-teman perhatikan untuk membuka startup Indonesia adalah modal. Ya kali, buka bisnis modal dengkul doank hehe...

Related Post

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah mau berkunjung dan meninggalkan jejak di mari. EmoticonEmoticon


airtrack mats factory