3 Strategi Memilih Asuransi Kesehatan

February 15, 2019

Horas bah!!!


Banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan kesehatan tentunya membuat kita bingung dalam memilih asuransi kesehatan. Nah, di bawah ini gue akan coba jelasin mengenai 3 strategi dalam memilih asuransi kesehatan.

1. Pahami jenis perlindungan dan kebutuhan

Hal pertama yang perlu teman-teman perhatikan dalam memilih asuransi kesehatan adalah memahami kebutuhan asuransi yang teman-teman butuhkan. Dengan memahami kebutuhan, maka teman-teman akan mendapatkan gambaran asuransi kesehatan seperti apa yang paling tepat untuk diikuti. Tentu saja hal ini berdampak pada manfaat yang akan teman-teman dapatkan menjadi lebih maksimal.

Perusahaan asuransi biasanya akan menawarkan jenis perlindungan untuk satu orang saja atau untuk seluruh anggota keluarga. Akan lebih efektif apabila kita memilih jenis asuransi yang mencakup semua anggota keluarga. Jumlah premi yang harus dibayarkan pun bisa lebih ringan. Namun, keputusan kembali lagi kepada kita sendiri, tergantung dari kebutuhan yang kita miliki.

2. Sesuaikan dengan anggaran keuangan

Pastikan premi yang akan dibayarkan telah mencakup seluruh tanggungan biaya kesehatan, seperti biaya perawatan inap maupun rawat jalan, biaya rumah sakit, biaya operasi, biaya obat, dan lain sebagainya. Namun pastikan juga besarnya biaya asuransi sesuai dengan anggaran keuangan teman-teman. Kita tidak perlu memaksakan diri untuk mengambil premi yang besar. Hal ini justru akan membuat keuangan kita terganggu. Walaupun asuransi kesehatan penting, namun bukan berarti hal ini menjadi prioritas tertinggi dalam anggaran keuangan. Apabila perlu, lakukanlah simulasi keuangan untuk mengukur kemampuan finansial teman-teman.

3. Pahami sistem asuransi yang berlaku

Penting bagi teman-teman untuk memahami sistem asuransi yang berlaku. Sistem cashless berarti teman-teman tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya pengobatan karena tagihan akan dibayarkan oleh pihak asuransi. Sedangkan sistem reimburse berarti teman-teman membayar biaya pengobatan terlebih dahulu menggunakan uang pribadi yang kemudian nanti mengajukan klaim penggantian biaya tersebut kepada pihak perusahaan asuransi.

Dalam hal ini, penting juga bagi teman-teman untuk memahami kredibilitas perusahaan asuransi kesehatan yang dipilih. Selain itu, jangan ragu untuk membandingkan suatu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lainnya. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan jaminan dan fasilitas asuransi kesehatan yang tepat.

Nah, inilah sedikit tips dari gue dalam memilih asuransi. Semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan ^_^

Related Post

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah mau berkunjung dan meninggalkan jejak di mari. EmoticonEmoticon


airtrack mats factory