Waktunya Merencanakan Liburan Keluarga

September 26, 2018

Horas bah!!!

Daddy, Iyel mau naik cawat (= pesawat) dong,” kata Adriella, putri kecilku yang biasa kupanggil Iyel sambil senyum menatap ke arahku.

“Naik pesawat? Emang Iyel mau ke mana?” jawabku sembari meletakkan tas kerja yang biasa kubawa ke kantor.

“Mau jayan-jayan (=jalan-jalan) dong!” Jawab Iyel.

Itu adalah obrolan pertama Iyel menyambut kepulangan gue dari tempat kerja. Ya, sudah merupakan kebiasaannya, ketika gue pulang kerja langsung disambut Iyel yang baru berumur 3 tahun, dengan obrolan-orbrolan cerewetnya yang udah kayak orang gede 😁

Walau baru berumur 3 tahun, ada aja yang bakal dia omongin. Dan ini yang bikin gue selalu semangat pulang ke rumah. Sambutannya yang ceria dengan gaya ngobrolnya yang sok gede. Dan biasanya sehabis ngobrol ngarul-ngidul ngikutin pola pikirnya, obrolan kita pasti berakhir dengan candaan. Bermain dan ketawa, pokoknya lucu-lucuan lah. Gimana layaknya anak dan bapak bermain. Setelah malam larut, barulah dia akan tidur. Tapi tidurnya mesti dikelonin dengan mengusap-usap punggungnya.

Liburan bersama keluarga itu memang penting loh. Karena di balik serunya berlibur, ada manfaat yang didapat tanpa kita sadari, seperti :

1. Keluarga Makin Harmonis

Setiap orang pasti ingin mempunyai keluarga yang harmonis. Betul tidak?
Keharmonisan tidak semata-mata kita dapat hanya dengan kumpul dan ngobrol bareng di waktu senggang. Setiap keluarga pasti memiliki dinamikanya masing-masing. Dan liburan adalah salah satu cara untuk refreshing dari semua dinamika tersebut. Dengan berlibur kita bisa menyegarkan pikiran dan juga melekatkan hubungan keluarga yang mungkin pernah renggang. Dengan berlibur semua masalah akan terkikis dengan kisah-kisah menyenangkan selama liburan.

2. Makin Cinta Keluarga

Kesibukan di tempat kerja terkadang membuat kita lupa akan waktu berkualitas dengan orang tersayang. Dan anak yang sehari-harinya pergi sekolah semakin mengurangi waktu kita untuk bisa kumpul bersama. Liburan menjadi cara untuk melepaskan segalanya. Untuk semakin menumbuhkan rasa cinta dan kasih pada sesama anggota keluarga, maka kita perlu liburan. Cara ini sangatlah menyenangkan karena liburan akan dipenuhi dengan keceriaan dan pengalaman tidak terlupakan.
Liburan ke Bali (2016)

3. Memori Indah Masa Depan

Ketika berlibur kita pasti akan mengabadikan momen spesial liburan dengan sebuah foto. Tak jarang orang posting momen liburannya di instagram, facebook, atau media sosial lainnya. Namun postingan-postingan foto tersebut bisa saja hilang, sedangkan kenangan (memori) di otak tidak akan pernah hilang. Sebuah riset yang dilakukan oleh Family Holiday Association menyebutkan 49% orang mengaku memori paling bahagia yang terekam di otaknya adalah saat berlibur bersama keluarga. Hasil riset ini juga menyebut sekitar 55% partisipan akan mengingat kenangan liburan bersama keluarga seumur hidupnya. Dan 24% lainnya menyebut kenangan berlibur bersama keluarga menolong mereka di saat pikiran sedih menerpa. (dikutip dari laman https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3542776/manfaat-liburan-bersama-keluarga-seperti-yang-dilakukan-obama).

Di tahun ini, gue sama keluarga menghabiskan libur lebaran kemaren dengan mudik ke kampung halaman istri di Temanggung, Jawa Tengah. Menghabiskan waktu bersama dengan menikmati suasana desa yang asri dan jauh dari hiruk-pikuk ibukota. Namun sepertinya liburan tersebut masih terasa kurang buat putri kecilku, sampai akhirnya dia melontarkan permintaan untuk naik pesawat dengan tujuan jalan-jalan. Hahaha… dasar krucil.

“Sayangnya cuti daddy tahun ini udah habis terpakai semua dek. Budget liburan tahun ini juga udah digunakan waktu mudik kemaren. Tapi tenang dek. Daddy akan menabung agar kita bisa jalan-jalan lagi tahun depan.” Kata gue dalam hati.
Pengalaman pertama naik maskapai KLM
Sembari membolak-balik kalender, gue coba cek tanggal yang cocok buat rencana liburan selanjutnya. Dan ternyata tahun depan banyak tanggal merah alias libur nasional yang serba tanggung. Ada yang merahnya di hari Selasa lah, Rabu lah, bahkan ada yang di hari Kamis. Hmm… sepertinya mesti siapin jatah cuti nih, biar liburannya panjang.

“Ke Sing yok daddy. Atau ke KL gitu.” Kata istri mengagetkanku. “Tahun depan aja, pas libur Hari Buruh” lanjut istri.

“Emang ada apa di sana?” Gue bertanya karena penasaran, kenapa harus pilih luar negeri dan kenapa harus pas Hari Buruh?

“Abis penasaran. Pengen liat gitu, suasana di sana tuh kek gimana kalau pas Hari Buruh. Kalau di sini mah udah bosen, palingan juga ntar ujung-ujungnya demo lagi.” Kata istri menjelaskan dengan raut wajah kesal ketika mengucapkan kata “demo.”

Jujur sih, gue juga kadang kesal. Kenapa coba, setiap Hari Buruh itu harus diwarnai dengan aksi demo? Gak ada kegiatan yang lebih berfaedah gitu? Sampai-sampai setiap tahun harus turun ke jalan menggelar aksi demo. Tapi ya, namanya demokrasi, itu mungkin hak mereka (buruh) untuk demo.

Akhirnya kami memutuskan, liburan selanjutnya ke luar negeri [Sing atau KL belum ditentukan] dan rencananya pas libur Hari Buruh. Tinggal hunting tiket pesawat sama hotel aja. Kalau gue sih biasanya cari-cari tiket pesawat kalau lagi ada travel fair atau promo kursi gratis hehe… Namun istri menawarkan untuk cek di traveloka aja. Karena di traveloka ada pilihan pesan tiket + hotel sekaligus. Jadi gak perlu buang-buang waktu cari satu-satu. Pesan tiket dulu, terus abis itu pesan hotel lagi. Iya kalau koneksinya lagi bersahabat, kalau lagi lemot kan bikin lama. Kalau bisa pesan sekaligus, why not? Kan jadi lebih mudah dan saving time. [Ehhh, gaya ngomong gue kayak anak Jaksel ya? Xixi…]

Akhirnya gue cari-cari tiket dan hotel di traveloka lewat menu Flight + Hotel. Ssstt…gue kasih tau nih, ternyata pesan tiket dan hotel sekaligus lewat menu Flight + Hotel harganya jauh lebih murah daripada dipesan terpisah. Kita bisa hemat sampai 20% loh. Dan itu tanpa harus masuk-masukin kode promo segala. Lumayan kan? Potongan yang 20%-nya bisa buat tambahan uang saku di tempat wisata nanti.

Selain keuntungan saving time dan saving money [tuh kan, gaya anak Jakselnya keluar lagi] pesan tiket dan hotel di traveloka juga sangat mudah karena tersedia banyak pilihan metode pembayaran. Mulai dari transfer, kartu kredit, bahkan ada yang terbaru yaitu travelokapay (pay later). Pokoknya banyak deh keuntungan yang ditawarkan traveloka. Kalau gak percaya cek sendiri di sini.

So, this is my vacation plan with family. INGAT! Liburan keluarga itu penting loh. Manfaatnya akan dirasakan oleh seluruh anggota keluarga. Bagi orang tua, hubungan akan semakin intim. Dan buat si anak akan memiliki perilaku yang lebih baik di sekolah, menjadi periang, dan menurunkan risiko stres dan cemas. Karena berlibur bersama keluarga juga bermanfaat bagi aspek emosional, psikologikal hingga sosial. Ayo! Waktunya merencanakan liburan bersama keluarga tercinta. ^_^

Related Post

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah mau berkunjung dan meninggalkan jejak di mari. EmoticonEmoticon


airtrack mats factory