Tips Mengatasi Mobil Yang Tidak Bisa Starter

September 19, 2017
                                                                                               pixabay.com


Horas bah!!!

Masih artikel seputar otomotif gaes. Kemaren gue udah publish soal 3 motor pilihan yang pas untuk temen-temen mahasiswa/i. Dan kali ini gue akan share sedikit tentang kendaraan mobil. Tapi bukan soal jenis mobil ya gaes. Artikel kali ini lebih mengarah ke tips.

Selain mempunyai kendaraan mobil, tentu temen-temen sebagai pemilik juga perlu sedikit banyak mengetahui tentang dunia mesin kendaraan karena hal ini sangat diperlukan. Jika tidak, maka bisa menjadi batu sandungan dikemudian hari ketika mobil temen-temen mengalami kendala atau masalah. Namun dengan sedikit mengetahui tentang mesin maka temen-temen bisa mencoba memperbaiki sendiri dan tentunya bisa menghemat biaya pengeluaran juga.

Salah satu contoh, temen-temen tentu biasanya menggunakan mobil dengan terlebih dahulu di-starter kemudian menunggu mesin panas baru mobil jalankan. Betul tidak? [Kiwil mode on]. Lalu bagaimana jika suatu ketika mobil tersebut tidak bisa di-starter? Jika temen-temen tidak mengerti mesin, tentu temen-temen harus memanggil teknisi yang akhirnya menambah biaya ekstra pengeluaran.

Nah, kali ini gue punya tips mengatasi hal seperti ini. Ketika mobil tidak bisa di-starter ada kemungkinan beberapa masalah yang terjadi. Dan untuk mengetahuinya coba lakukan tips berikut ini :

1. Cek Aki Mobil

Banyak orang yang gak tahu, aki mobil memiliki peranan penting dalam sistem kelistrikan mobil. Jika aki mobil lemah beberapa masalah bisa timbul dan menyebabkan mobil tidak bisa menyala atau starter. Hal ini menjadi masalah yang paling banyak ditemukan. Namun ada juga masalah yang disebabkan kotornya atau kendurnya kabel pada socket kutub aki. Untuk itu pastikan kembali bahwa kabel telah terpasang dengan benar dan kutub socket pada aki bersih.

2. Kabel Sikring Putus

Setelah aki dipastikan aman, temen-temen cek kondisi kabel sikring utama pada mobil yang terletak dekat accu, lebih tepatnya pada kutub positifnya. Jika putus, ganti sikring dengan yang baru. Kabel sikring yang putus menandakan kalau temen-temen tidak pernah memperhatikan kondisi sistem kelistrikan pada mobil. Akan lebih baik kalau temen-temen bisa memperbaikinya sendiri. Namun jika memang tidak bisa, langsung bawa saja ke bengkel terdekat agar bisa diperbaiki dengan menggunakan peralatan bengkel yang memadai.

3. Perhatikan Kunci Kontak

Terkadang hal sederhana seperti ini luput dari pandangan kita. Banyak faktor yang sudah dicek namun tidak ada masalah, tidak tahunya malah kunci kontak mobil yang justru mengalami kerusakan sehingga membuat mobil tidak bisa di-starter. Cobalah menggunakan kunci kontak cadangan, jika mobil bisa di-starter itu tandanya kunci kontak utama mobil sudah rusak. Langsung duplikatkan lagi kunci cadangan tadi untuk mencegah masalah yang sama terulang dikemudian hari.

Itulah beberapa masalah yang umumnya terjadi pada mobil ketika tidak bisa di-starter. Semoga dengan apa yang gue tuangkan dalam artikel ini bisa menambah wawasan temen-temen dan membantu temen-temen sekalian mengatasi masalah pada mobil yang tidak bisa di-starter. ^_^

Related Post

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
October 8, 2017 at 8:33 AM delete

terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/g-sea-jelly-gamat-emas-rasa-jeruk/

Reply
avatar

Terima kasih sudah mau berkunjung dan meninggalkan jejak di mari. EmoticonEmoticon