Ini Dia Empat Surga Oleh-oleh di Kota Medan!

Horas Silalahi | May 12, 2017 | |
Horas bah!!!


Ada kah yang demen wisata kuliner? Indonesia, selain terkenal dengan budaya dan wisata alamnya yang beragam juga terkenal dengan berbagai jenis makanannya. Terutama makanan khas dari daerah. Hampir seluruh kota di Indonesia memiliki makanan khas dari daerah masing-masing. Dan kali ini gue akan berbagi informasi kuliner khas dari Kota Medan.

Sudah menjadi kebiasaan kita (traveller) tentunya ketika melakukan perjalanan ke satu tempat pasti akan selalu menghadiahkan buah tangan bagi orang-orang yang kita tinggal di kota asal. Bahkan mungkin memang ada yang sengaja menitip untuk dibelikan sesuatu yang khas dari kota yang kita kunjungi. Nah, bagi temen-temen yang sedang atau hendak berkunjung ke Kota Medan berikut gue rekomendasiin tempat-tempat yang menjadi surga oleh-oleh di Kota Medan.

1. Bolu Meranti

Sumber : bolumeranti.co.id
Satu hal yang tidak boleh ketinggalan saat mengunjungi Medan, adalah Bolu Meranti. Seperti jenis bolu gulung pada umumnya, Bolu Meranti merupakan satu kue khas bertekstur lembut dengan isian yang creamy dan legit. Setidaknya, ada banyak varian rasa Bolu Meranti, mulai dari keju, nanas, strawberry, moka, kacang, hingga blueberry.

Memiliki embel-embel “Meranti”, sebab bolu yang mulanya merupakan resep coba-coba Nyonya Ai Ling ini memang pernah dititipkan di toko saudaranya di Jalan Meranti. Seiring berjalannya waktu, tidak disangka kue buatannya laris dan punya banyak penikmat. Pada akhirnya, Nyonya Ai Ling pun membuka toko sendiri bernama Bolu Meranti. Bagi temen-temen yang tertarik, ada dua cabang Bolu Meranti yang dapat dikunjungi. Pertama, terletak di Jalan Kruing 2K dan kedua di Jalan Sisingamaraja No. 19B.

2. Kedai (Durian) Bang Ucok




Inilah tempat kedua yang wajib kudu dikunjungi di Kota Medan, terutama para pecinta durian. Adapun salah satu keunikan dari tempat ini, kita bisa datang dan menyantap durian di tempat. Duriannya pun besar-besar dengan cita rasa yang nikmat! Apalagi, stok di sana pun tak pernah habis. Tidak heran, jika Durian Ucok (Kedai Bang Ucok) yang berlokasi di Jalan Wahid Hasyim ini seolah tidak pernah sepi pengunjung.

Ingin membawa oleh-oleh durian namun tidak ingin “ditahan” di bandara? Tidak perlu khawatir. Sebab di Kedai Bang Ucok, durian pesanan dapat dikemas rapi dan rapat dalam sebuah kotak. Gak perlu takut akan bau duriannya yang menyengat, karena di kotaknya nanti akan ditambahkan daun pandan dan bubuk kopi sehingga menyamarkan bau duriannya. Amankan?!

3. Durian House

Bila tadi sudah menyantap buahnya langsung, ini saatnya membeli olahannya sebagai oleh-oleh. Secara umum, pancake durian berbentuk serupa dadar gulung; tepatnya adonan tepung yang diisi dengan daging durian.

Terdapat beragam varian rasa dari pancake durian yang bisa di coba. Ini mencakup rasa orisinal, moka, cokelat, hingga pandan. Tidak ketinggalan, kita juga bisa memilih jenis oleh-oleh lain, seperti halnya bolu maupun dodol durian. Oh ya, Durian House terletak di Jalan Sekip No.. 67, Medan.

4. Toko Aguan

Terletak di Jalan Kruing 3D, Toko Aguan merupakan surga kuliner bagi temen-temen yang mencari oleh-oleh manisan jambu. Tidak seperti manisan jambu pada umumnya, jambu yang digunakan merupakan jambu Bangkok dengan ukuran besar. Kalau mau dimakan langsung, jangan lupa jambu mesti dipotong-potong terlebih dahulu, biar lebih gampang menyantapnya.

Kalau bentuknya manisan ntar lama-lama basi dong bang? Tenang gais! Manisan jambu di Toko Agunan dapat bertahan hingga tiga hari, so aman lah. Manisan jambu di Toko Agunan bukan sekedar manisan biasa, manisan ini mengandung beragam khasiat, salah satunya meningkatkan trombosit. Udah enak berkhasiat pula :D


Itulah empat surga kuliner dan tempat belanja oleh-oleh khas Kota Medan. Bagi temen-temen yang ingin menikmati semuanya tentu harus menyiapkan waktu dan uang yang cukup. Dan bagi yang mau menginap di Medan juga ada banyak penginapan murah. Salah satunya Airy Rooms. Hotel murah dengan jaminan kualitas, mencakup pelayanan yang mumpuni, televisi layar datar, kamar dan kamar mandi bersih, air minum gratis, jaringan internet, kamar ber-AC, dan masih banyak lagi yang tentunya dapat memberikan kenyamanan dalam beristirahat.

Jadi, kapan berencana untuk ke Medan? Jangan lupa call me ya hehe..

1 comment:

  1. Wah, bunda pasti suka tuh pancake durianny. Anak suka beli via Go Food, pancake durian Medan. Mantaap.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mau berkunjung dan meninggalkan jejak di mari.

badge