Kelebihan dan Kekurangan Powerbank Asus ZenPower Ultra 20100mAh

Horas Silalahi | January 31, 2017 | |
Horas bah!!!

Tidak dapat dipungkiri, kebutuhan manusia akan smartphone semakin meningkat. Terbukti tidak sedikit orang yang memiliki lebih dari satu buah smartphone. Kalau gue sih satu aja cukup kalau dikasih haratis (baca : gratis) *uhuk..kode. Seakan tidak bisa lepas dari jeratan teknologi smartphone, sampai ke manapun kaki melangkah smartphone selalu berada dalam genggaman. Bahkan ketika smartphone lowbatt atau mati, dunia serasa kiamat. "Iyaaahh...pake lobet segala. Mana whatsapp si ito belum kubalas. Kalau ada telpon penting gimana nih? Arrrggg....," ngedumel dalam hati sambil garuk-garuk kepala.

Seolah paham akan kebutuhan ini beberapa produsen smartphone pun berlomba-lomba menciptakan powerbank. Mulai dari yang kapasitasnya kecil sampai berdaya monster. Dan kali ini gue akan ngebahas satu powerbank produksi dari ASUS, namanya Asus ZenPower Ultra. Kebetulan ada temen yang dapat job buat nge-review produknya dan gue diajak ikutan. Untuk itu gue ucapin makasih dulu buat Irfan dan Maseko, khususnya makasih juga buat ASUS atas kesempatannya buat nge-review Asus Zenpower Ultra. Kalau ada produknya yang mau di review juga jangan sungkan-sungkan ya *uhuk..kode lagi.

Ngomongin soal powerbank, tentu yang diutamakan adalah power atau dayanya, betul? Nah, sebelum gue jabarin lebih jauh kelebihan dari Asus Zenpower Ultra, mari kita intip dulu apa aja sih yang terdapat dalam 1 paketan Asus Zenpower Ultra?
Untuk setiap pembelian 1 paket Asus Zenpower Ultra maka kita akan mendapatkan 1 buah powerbank zenpower 20100mAh, 1 kabel USB atau kabel charger, manual book, buku garansi, dan 1 buah pouch atau sarung zenpower. Ini sudah termasuk 1 kelebihan dari Asus Zenpower Ultra, karena dari beberapa powerbank yang pernah gue lihat gak ada yang dilengkapi pouch /sarung. Lalu selain sarung, apalagi kelebihan dari Asus Zenpower Ultra dibanding powerbank lain? Cekidot gais.

Power Monster

Tidak tanggung-tanggung, Asus Zenpower Ultra dipersenjatai dengan kapasitas daya ultra hingga 20100mAh. Dengan daya 20100mAh, dijamin deh smartphone temen-temen gak bakal ada matinya. Asus Zenpower Ultra dilengkapi dengan dua (2) port quick charger sehingga kita bisa nge-cas 2 unit smartphone sekaligus secara bersamaan. Powerbank Asus Zenpower Ultra juga bisa kita jadikan senter lho karena dilengkapin dengan LED Flashlight. So, buat temen-temen yang suka naik gunung, jalan malam, atau mungkin di rumah temen-temen sering mati lampu tidak perlu takut gelap lagi. LED Flashlight dari Asus Zenpower Ultra siap menerangi hidupmu (halah bahasanya).
Dari hasil pengalaman gue, nge-cas 5 unit smartphone dengan kapasitas baterai (2 kali 3110mAh dan 3 kali 4100mAh) plus  gue nyalain senter, ini powerbank-nya gak abis-abis bro. Benar-benar power monster dah.

Fast Charging & Quick Recharge

Kedua port charger yang terdapat pada Asus Zenpower Ultra sudah dilengkapi dengan teknologi Qualcomm Quick Charge 2.0. Ingat! Keduanya bro, bukan salah satu port aja. Artinya kita bisa nge-cas 2 unit smartphone sekaligus dengan 1.75 kali lebih cepat dibandingkan dengan powerbank biasa yang tidak mendukung Quick Charge 2.0. Fitur fast charging ini akan lebih terasa ketika kita nge-cas smartphone yang juga mendukung fitur fast charging. Berdasar pengelaman gue, nge-cas tablet dengan daya 4100mAh (belum fast charging) hanya membutuhkan waktu 2 jam dari yang biasanya gue nge-cas butuh waktu 4-5 jam.

Setelah abis dipake nge-cas smartphone, tentu kita mesti isi ulang powerbank-nya a.k.a recharge. Dan di sini pasti banyak yang berpikir, "kalau powerbanknya 20100mAh, nge-casnya lagi pasti lama." NO! Gue kasih tau lagi nih gais, Asus Zenpower Ultra juga sudah didukung teknologi quick recharge 2.0. So, kita hanya perlu waktu 8 jam untuk mengisi ulang powerbank ini dengan bantuan charger 5V/2A. Dan udah gue buktiin sendiri. "Terus kalau adanya charger 1A gimana?" Iya gak gimana-gimana bro, mungkin waktunya aja yang nambah lama. Gue gak tau berapa lama soalnya gue nge-test pake charger 2A.

PowerSafe Technology

Mungkin ada yang bertanya, "powerbank segede gitu aman gak gan? Entar klo meleduk gimana?" Tenang bro, ASUS sudah memperhitungkan resiko itu. Hal ini terbukti dari prestasi ASUS yang menyabet 8 sertifikasi internasional dalam hal memberikan perlindungan tertinggi terhadap suatu produk. Dan demi menjaga predikat tersebut, Asus Zenpower Ultra pun sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi pengaman seperti Temperature Protection, Short Circuit Protection, Rest Protection, Input Over Voltage Protection, Output Over Voltage Protection, Input Reverse Direction Protection, Over Charge / Discharge Protection, Output Over Current Protection, Adapter Protection, dan lain sebagainya.

Elegan & Ekstrim

Seperti biasa, ASUS selalu menghadirkan produk-produk sederhana yang tampak elegan. Asus ZenPower Ultra hadir dengan 3 pilihan warna Hitam, Silver, dan juga Pink didesain menggunakan alumunium casing dengan lingkaran konsentris membuatnya tampil unik. Bukan hanya itu, berdasarkan hasil test Asus ZenPower Ultra mampu menahan beban hingga 50kg. Jadi jangan takut ketika powerbank ini kena injak atau kedudukan tanpa sengaja. Bodinya gak akan mudah penyok. Port charger Asus ZenPower Ultra juga telah diuji mampu bertahan hingga 5000cycles a.k.a tahan hingga 5000 kali cabut colok kabelnya. Sedangkan kabel USB-nya sendiri diuji dengan menahan berat beban hingga 5kg. Benar-benar ekstrim sekali bukan?


Garansi Tukar Unit

Dari informasi yang gue terima untuk setiap pembelian Asus ZenPower Ultra maka user diberikan masa garansi hingga waktu 6 bulan. Dan jika dalam waktu 6 bulan ada masalah pada powerbank maka kita bisa menukarnya kembali ke toko pembelian awal untuk mendapatkan unit penggantinya /replacement unit. Ingat ya gais, ke toko pembelian awal bukan ke asus service centre ya ^_^


Di setiap kelebihan tentu ada kekurangan bro. Demikian halnya dengan Asus ZenPower Ultra, kekurangannya menurut gue (sekali lagi ini menurut gue lho ya) :

  1. Harganya mehong bro. Harga dipasaran sekitar 750 ribuan. Memang sih worth it dengan fitur dan kemampuannya, tapi tetap aja buat kantong gue kurang ramah coy.
  2. Kemudian dimensinya yang panjang dan berat membuatnya kurang nyaman ketika dipegang bersamaan dengan smartphone kalau lagi ngecas.
  3. Yang terakhir aksesoris pendukungnya kurang lengkap. Dengan kapasitas 20100mAh seharusnya Asus ZenPower Ultra bisa dipakai ke berbagai gadget, namun sayang kabel charger yang disediakan hanya 1 USB type B.
Ok itu aja. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat buat teman-teman semua. Kalau ada yang mau ditanyakan atau mungkin ada yang mau endorse buat review produk lain *uhuk*, jangan sungkan meninggalkan jejak ya ^_^

2 comments:

  1. wahhhh maHnya ge banget, bisa tahan berhari-hari ini... jan josss... pengen beli saya...

    ReplyDelete
  2. Iya gede, gak ada matinya ini powerbank.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mau berkunjung dan meninggalkan jejak di mari.

badge UA-61936554-2