Berikut 3 Langkah Mudah Perbaiki AC Rusak

Horas Silalahi | November 17, 2016 | | |
Ruang santai dengan AC bikin nyaman.
Horas bah!!!
Ada yang pernah denger global warmingGlobal warming sudah menjadi pembahasan dunia saat ini karena efeknya bukan hanya dirasakan oleh satu negara saja namun seluruh penghuni bumi. Global warming atau Pemanasan Global adalah proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Bahasa awamnya, global warming ialah naiknya suhu rata-rata di atas permukaan bumi baik di darat, laut, ataupun di udara sehingga suhu bumi semakin lama akan semakin panas. So, ngerasain juga kan kalau akhir-akhir ini suhu di bumi lebih panas dibanding tahun-tahun sebelumnya?

Situasi ini menjadi angin segar bagi produsen AC. Mereka berlomba-lomba memasarkan AC-nya. Contohnya AC Gree, pendingin yang saat ini sedang booming di Indonesia karena berhasil masuk kedalam beberapa program acara stasiun TV swasta.

Jujur saja, istri dan anak gue termasuk orang yang gak tahan akan cuaca panas. Gerah dikit aja anak gue pasti langsung nangis sejadi-jadinya, maklum masih anak batita (bawah tiga tahun). Ketika tidur di ruangan tanpa AC, anak gue paling bertahan tidur 1-2 jam. Abis itu bakal bangun dan uring-uringan. Beda halnya ketika di ruangan ber-AC. Tidurnya bakal pules. Mau diganggu seperti apapun gak bakal bangun. Wah, repot donk klo AC sampe rusak? Yes! Itu pasti. Makanya diusahakan AC jangan sampai rusak.

Tapi kalau pun AC rusak. Saran gue jangan terlalu buru-buru langsung di service, karena belum tentu kerusakannya secara hardware. Berikut gue punya 3 langkah mudah yang bisa dilakukan saat AC di rumah (indikasi) rusak.

Tapi kalau pun AC rusak, saran gue jangan terlalu buru-buru langsung di service, karena belum tentu kerusakannya secara hardware. Berikut gue punya 3 langkah mudah yang bisa dilakukan saat AC di rumah (indikasi) rusak.

1. Periksa Suhu Pendingin

Ini merupakan langkah pertama yang sering gue lakuin kalau AC rusak. Kalau AC masih nyala, silahkan disetting ke titik terendah dari remote AC. Tapi jangan lupa, cek juga settingan AC-nya. Pastikan settingannya mode pendingin, bukan disetting ke mode kipas saja. Kalau sudah disetting ke titik paling rendah dengan mode pendingin namun hanya berasa angin yang keluar, bisa jadi AC hanya kehabisan freon.

2. Periksa Kondisi Outdoor

Freon masih baru atau baru beberapa hari diganti. AC juga masih nyala normal dan sudah disetting ke titik paling dingin. Tapi kok masih berasa panas ya? Untuk kasus seperti ini, coba diperiksa outdoornya. Apakah terdapat salju atau gumpalan-gumpalan es disekitaran pipa saluran? Atau barangkali ada hal-hal yang mencurigakan, misalnya bunyi aneh (yang gak biasanya) terdengar dari mesinnya. Atau bisa jadi kipas outdoornya tidak berputar padahal AC sedang kondisi dinyalakan. Untuk outdoor memang banyak sekali faktor kemungkinannya.

3. Service atau Panggil Teknisi

Semua sudah dicoba. Satu persatu sudah dicek, mulai dari AC sampai outdoor. Semua terlihat normal-normal aja. Kerusakannya bisa jadi ada pada bagian dalam perangkat. Dan kerusakan seperti ini tentu tidak bisa dipastikan dengan sendirinya. Kecuali punya suami atau tetangga yang biasa bongkar AC. Kalau gak ada ya jalan terakhir hanya memanggil teknisi atau langsung di service.

Pemakaian yang berlebihan dan kurangnya perawatan bisa menjadi faktor rusaknya AC. Namun ada kalanya AC rusak juga dikarenakan termakan usia. Kalau sudah berbicara usia, mau gak mau ya mesti ganti baru. Dan bagi temen-temen yang mau ganti AC baru, AC Gree tadi bisa jadi pilihan. Namanya juga lagi booming, biar kekinian gitu hehe. 

Ramah Lingkungan


Menghemat Energi dan Melindungi Lingkungan
Pasalnya, AC Gree ini telah mengadopsi bahan pendingin R410A yang ramah lingkungan dan terbukti aman untuk digunakan. Hal ini dalam rangka mengurangi pengikisan pada lapisan ozon yang mengandung unsur CFC. Sepertinya AC Gree memahami akan issue global warming. Gree mendukung penghematan energi nasional dan perlindungan lingkungan. Teknologi Inverter-G, 1Hz dari Gree dapat menghemat energi secara maksimal dan tidak menyebabkan polusi udara.


Kompresor 2 Tahap

Selain hemat energi dan ramah lingkungan, AC Gree juga menggunakan teknologi kompresor 2 tahap. Dengan teknologi ini maka proses pendinginan akan lebih cepat karena kompresor yang handal. Kapasitas pendinginan di temperatur tinggi meningkat secara drastis melalui penambahan entalpi.

Kompresor 2 tahap Vs Kompresor biasa.



Fitur Cerdas 360 iFeel



Teknologi cerdas 360 iFeel.
AC Gree juga memiliki fitur 360 iFeel, di mana remote kontrol dapat secara otomatis mendeteksi temperatur tubuh manusia dan suhu ruangan sekitar, penyesuaian yang pintar menciptakan kenyamanan yang baik. Teknologi ini (hanya pada U-Crown Smart Series) dapat mengendalikan pendingin udara, pengaturan penghematan energi, pembagian hembusan angin, timer, pengaturan sleep curve, dan fitur lainnya secara wireless.

Promo 180 Hari Replacement Unit


Garansi 180 hari ganti baru.
Ini yang paling amazing. Namanya hidup, tidak ada yang perfect. Begitu juga halnya dengan produk teknologi. Tentu ada yang cacat, entah itu satu atau dua produk. Itulah gunanya ada warranty. Dan AC Gree memberikan garansi 180 hari gratis ganti unit baru. Eitss, jangan salah. Garansi 180 hari ini di luar garansi utamanya loh. Untuk garansi utama AC Gree memberikan garansi 5 (lima) tahun untuk kompresor dan 3 (tiga) tahun untuk sparepart.

Fitur unik dari AC Gree.

Dan masih banyak lagi fitur-fitur unik lainnya yang bisa didapatkan dari AC Gree. AC Gree ini diproduksi oleh Gree Electric Appliances Inc dari Zhuhai, perusahaan khusus pendingin ruangan terbesar di dunia yang didirikan pada tahun 1991. Pada tahun 2015 Gree berada di peringkat 385 pada Forbes Global 2000. Dan dalam industri peralatan rumah tangga, Gree berada di daftar teratas dan menjadi perusahaan peralatan rumah tangga terbesar di dunia. Berkat kualitas yang unggul di dunia dan pemasaran yang berhasil, Gree telah memperoleh banyak penghargaan dan sertifikat sedunia, seperti Quality Summit Award New York, World Quality Commitment, UL, CL, TUV, dan sebagainya.

Dengan pengguna sebanyak 300 juta di seluruh dunia, produk merek Gree telah terjual di lebih dari 160 negara dan area. Yakin gak mau jadi salah satu dari ratusan juta pengguna tersebut???

1 comment:

  1. sering melakukan pembersihan pada AC juga bisa meminimalisir krusakan . atau ac yg tdk dingin

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mau berkunjung dan meninggalkan jejak di mari.

badge UA-61936554-2