Kuliah Kapan Saja, Dimana Saja Bersama BULC

Horas Silalahi | May 10, 2016 | | |
Horas bah!!!

Berbicara soal kuliah, rasanya pengen nangis. Pokoknya sedihlah kalau diceritain. Saya itu dulu kuliah di dua kampus (baca: universitas) yang berbeda. Untuk bisa kuliah, saya harus nyambi kerja serabutan. Kerja apa aja, yang penting halallah kalau kata orang. Karna kuliah sambil kerja, alhasil kuliah saya tidak fokus. Yaaa..maklumlah, pulang kerja badan capek kadang mau berangkat kuliah harus ngumpulin niat dulu. Jadinya kuliah berantakan, kadang masuk kadang bolos. Karna hal inilah, saya pernah di depak (di D.O) dari satu kampus. Akhirnya saya pun memutuskan untuk mencari kampus yang ada kelas karyawannya, meskipun waktu itu saya bukan karyawan xixi... Bagaimana? Ceritanya sedih kan? [pls no comment]
Kesibukan sehari-hari kadang membuat kita tidak kepikiran soal kuliah. Keterbatasan waktu dan tenaga menjadi alasan utama. Kebayangkan, seperti cerita saya di atas. Setelah pulang kerja, kita mesti mengejar waktu lagi ke kampus untuk kuliah.
Namun lain dulu, lain sekarang. Di zaman teknologi sekarang ini, kuliah tidak perlu lagi repot-repot datang ke kampus. Karena kini sudah ada yang namanya Kuliah Online atau bahasa kerennya Online Learning. "Lah, apa pula itu kuliah online bang?" Kuliah Online itu sama saja seperti kuliah pada umumnya, kita (mahasiswa/i) tetap belajar, mendapatkan materi dan berdiskusi. Cuma bedanya, di kuliah online semua aktifitas perkuliahan dilakukan lewat internet. Jadi tidak ada lagi alasan bolos karena "capek, habis pulang kerja."
Untuk kuliah online pun, tentu kita juga perlu memperhitungkan kwalitas dan kwantitas dari universitas penyelenggara. Sayangnya belum banyak universitas di Indonesia yang menyelenggarakan sistem kuliah online yang terpercaya dan berkwalitas. Seperti diketahui, yang namanya kuliah online itu tentu harus ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai. Seperti misalnya kesediaan tenaga pengajar (sebut: dosen) dan perangkat penunjang kegiatan mengajar. Nah, bagi teman-teman yang kebingungan, mungkin ini bisa menjadi salah satu pilihan.
Binus Online Learning, hadir untuk memberikan kemudahan bagi teman-teman yang mempunyai keinginan untuk melanjutkan kuliah. Dengan pengalaman dan bekal yang dimiliki, BINUS UNIVERSITY menyiapkan dan menyelenggarakan Binus Online Learning sebagai media belajar online bagi individu yang ingin belajar dan mengembangkan diri tanpa harus terikat dengan jadwal dan tempat tertentu. Satu ciri khas yang paling terlihat jelas dari Binus Online Learning ini yaitu Fleksibel. Artinya dalam kegiatan belajar, mahasiswa dapat melakukan interaksi dengan dosen tanpa ada batasan waktu dan tempat. Selama ada jaringan internet tentunya.
Walaupun Online Learning, tentu kehadiran dalam tatap muka di ruang kelas tetap akan dilakukan, tetapi hanya sebatas kegiatan yang bersifat pembahasan kasus, diskusi pemantapan pemahaman materi kuliah, dan pada saat mengikuti ujian. Interaksi antara dosen dan praktisi sangat diutamakan untuk mendapatkan dan meningkatkan kemampuan serta wawasan mahasiswa dalam kegiatan praktis dan pengambilan keputusan yang nyata. Metode ini sangat cocok untuk pekerja professional dan entrepreneur bahkan ibu rumahtangga yang ingin melanjutkan studi S1 tanpa terkendala dengan waktu dan tempat.
Program studi yang ditawarkan dalam Binus Online Learning juga beragam, mulai dari jenjang D3 hingga S2 dengan pilihan studi :
Program D3
  1. Komputerisasi Akuntansi
Program S1
  1.  Manajemen - Business  Management
  2.  Sistem informasi - Corporate Information Systems
  3.  Akuntansi
  4.  Manajemen Marketing
  5.  Sistem Informasi
Program S2 (khusus Jakarta)
  1. Magister Teknik Informatika - MTI 
  2. Magister Manajemen Sistem Informasi
Untuk kegiatan belajar mahasiswa, Binus Online Learning sudah mempersiapkan dan memperhitungkan agar mahasiswa mendapatkan hasil yang berkualitas. Mahasiswa dapat fokus belajar dengan jumlah mata kuliah yang terbatas di tiap periode/semester, sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal. Mahasiswa Binus Online Learning juga akan mendapatkan Pembelajaran Global, di mana mahasiswa Binus Online Learning tidak saja akan diajar oleh dosen dari dalam negeri, tapi juga dengan dosen-dosen yang ada di luar negeri.
Binus Online Learning menggunakan LMS (learning management system) yang terintegrasi untuk membangun jaringan interakasi antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen, dan mahasiswa dengan pembimbing akademis. Dengan demikian mahasiswa online learning dipastikan mempunyai kualitas yang sama dengan mahasiswa lainnya yang mengikuti sistem perkuliahan biasa pada umumnya.
Untuk metode perkuliahan, setiap mata kuliah akan diterima dalam beberapa bentuk seperti, diskusi di forum, tugas individu/kelompok, video confrence, juga video pembelajaran. Semua ini dilakukan secara online. Namun untuk awal masuk perkuliahan dan ujian setiap mahasiswa harus datang ke BULC atau kampus BINUS.
Binus Online Learning ini sudah hadir di Palembang, Semarang, Malang dan Bekasi. Semuanya tergabung dalam Unit Sumber Belajar Jarak Jauh yang dikenal dengan Binus University Learning Community, disingkat BULC. Dengan adanya BULC ini, dapat membantu apabila mahasiswa Binus Online Learning diharuskan tugas keluar kota dan bertepatan dengan waktu ujian ataupun perkuliahan Face to Face, maka dapat datang ke BULC terdekat untuk mengikuti kegiatan tersebut.
Binus Online Learning juga menerapkan progam EES (Employabiity & Entrepreneurial Skill) yang dimasukkan ke dalam mata kuliah. Dengan program ini, Binus Online Learning tidak saja mempersiapkan lulusannya yang siap bekerja, tetapi juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Saat ini Binus Online Learning telah menghasilkan lebih dari 300 lulusan terbaik yang tersebar di berbagai instansi dan perusahaan baik nasional maupun multinasional.
Dengan hadirnya metode pembelajaran secara Online, semua orang kini dapat #MajuTanpaBatas dengan kuliah kapan saja, dimana saja. Tidak ada lagi batasan untuk kita bisa kuliah. Sekarang kita bisa kuliah sambil bekerja, mengejar passion, mengurus bisnis, bahkan travelling ke luar negeri.
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik gambar di bawah atau hubungi call center di :
bulc.binus.ac.id
So..Sudah siap untuk #MajuTanpaBatas?

Sumber gambar dan ilustrasi :
http://majutanpabatas-onlinelearning.binus.ac.id

1 comment:

Terima kasih sudah mau berkunjung dan meninggalkan jejak di mari.

badge