Sedikit Bocoran Tampilan Sistem Operasi Android N

March 22, 2016
Horas bah!!!

Belakangan ini sudah banyak kabar yang beredar, mungkin teman-teman blogger juga sudah tau tentang rencana Google yang akan meluncurkan Sistem Operasi terbaru untuk Android yaitu Android N. Kabar ini tentu mengagetkan para pengguna smartphone robot ijo. Secara Android M (Marshmallow) aja masih terbilang baru [menurut gue] dan belum semua perangkat android yang mencicipinya. Lah sekarang udah mau rilis aja Android N. Hal ini membuat gue bertanya dalam hati, "apakah Android M ada bugs-nya?" Kejadian ini hampir mirip [menurut gue lagi] seperti Sistem Operasi komputer Windows. Belum lama semenjak peluncuran Windows 8 (bahkan sempat update ke 8.1), Microsoft sudah merilis Windows 10.
Bagi yang ingin tau "Seperti apa sih Android N?" Berikut gue kasih tau sedikit ya.
Bagi pengguna smartphone Nexus, tentu dapat berbangga hati karena mendapatkan kesempatan pertama dalam mencicipi Android N (beta tester). Karena biasanya sebelum software terbaru diluncurkan ke publik, si pembuat software (dalam hal ini Google) akan melakukan test terlebih dahulu. Test ini biasa disebut dengan Developer Preview. Test tersebut tentu dilakukan menggunakan perangkat terbitan sendiri, yaitu smartphone Nexus. Hal ini biasanya dilakukan guna meminimalisir kesalahan (bug).

Emergency Info
Dalam sistem operasi terbaru ini, Google memberikan beberapa sentuhan perubahan tampilan visual. Saat pertama kali dihidupkan (set up new device), pada tampilan awal (welcome) sudah tampak perubahan yaitu adanya penambahan menu emergency info.
Penambahan menu emergency contact
Di sini kita akan diminta mengisi biodata seperti nama, alamat, TTL, golongan darah, kondisi kesehatan, alergi, sama emergency contact. Katanya sih ini untuk memudahkan kalau-kalau si empunya smartphone mengalami musibah jadi lebih mudah bagi orang lain untuk menolong yaitu dengan membuka emergency info tadi. Tapi kalau gak mau diisi juga gak apa-apa kok, skip saja.

New Look Notification Panel
Untuk pooldown bar atau panel notifikasi, android N hadir dengan tampilan baru. Jika pada OS sebelumnya, semua notifikasi yang masuk dipisahkan oleh jarak (ada sekat) kini di android N semua notif akan tampak menyatu. Sekilas tampak hanya dipisahkan oleh garis tipis. Dan hebatnya lagi, semua isi dari notifikasi bisa dibaca pada status bar tersebut tanpa harus masuk ke aplikasinya terlebih dahulu. Pada status bar juga sudah tersedia menu "Reply" sehingga setiap pesan yang masuk bisa langsung kita reply juga tanpa melalui aplikasi bawaannya. Semua aktivitas chatt / messaging bisa dilakukan dalam satu tempat.
Tampilan notifikasi baru
Support Multi Window
Dari semua pembaruan yang ada pada android N, ini yang paling gue demen. Dengan fitur multi window, maka layar smartphone bisa kita bagi menjadi dua bagian layaknya tampilan desktop pada windows komputer. Kita bisa dengan bebas melakukan dua aktivitas sekaligus dalam satu layar. Bermain game sembari nonton movie, ketik pesan sembari streaming youtube, copy file dari satu folder ke folder, dan berbagai kesibukan lainnya bisa dilakukan bersamaan dalam satu layar. Namun sebenarnya sih fitur ini lebih cocoknya jika menggunakan tab, karena ukuran layar tab lebih lebar dibanding layar smartphone pada umumnya.
Support Multitasking Window

New Look Setting Panel
Sama seperti panel notifikasi, di android N mbah Google juga memberikan perubahan yang hampir sama kepada panel setting. Ketika kita membuka panel setting, kita tidak lagi melihat adanya garis hitam pembatas antara satu dengan lainnya. Semua menu tampak seperti melebur jadi satu. Dan di bawah setting akan tampak adanya tambahan menu yaitu "Suggestions." Ini berisi shortcut seperti screen lock dan change wallpaper. Jadi kita bisa setting screen lock atau ganti wallpaper tanpa harus buka display setting. Selain itu, setiap menu pada panel setting di bawahnya sudah dilengkapi dengan informasi yang relevan dengan menu tersebut. Misal seperti Wi-Fi kita akan langsung lihat koneksi wi-fi yang terhubung dengan smartphone, data usage akan langsung menampilkan jumlah pemakaian data internet, storage akan menampilkan jumlah storage yang terpakai dan tersisa, dan sebagainya.
Tampilan Panel Setting Android N
Demikianlah sedikit bocoran dari gue. Sebenarnya masih banyak perubahan-perubahan lain yang terdapat pada android N. Tapi kalau semua gue bocorin di sini kan nanti jadi gak seru. Judulnya aja bilang sedikit yaaa..jadi sedikit aja lah yang gue bocorin. Sisanya??? Tunggu tanggal rilisnya aja lah ya hehe...
Semenjak OS Android N preview diluncurkan, belum ada yang mengetahui singkatan dari apa "N" tersebut? Apakah Naget? Nuttela? Atau mungkin Nasgor? Tidak ada yang tau. Bagi yang merasa tau "N" itu singkatan dari apa, tolong bisikin lewat komen di bawah ya ;-)

*Source :
Androidauthority

Related Post

Previous
Next Post »

5 comments

Write comments
Mugniar
AUTHOR
March 31, 2016 at 9:16 AM delete

Saya mah gaptek Bang. Tahu2 ada yang baru lagi dirilis yah ... Cepat sekali perkembangan dunia IT

Reply
avatar
April 7, 2016 at 8:53 AM delete

kurang banyak mas bocorannya :D

Reply
avatar
April 7, 2016 at 6:21 PM delete

Sekarang mah gak ada yang gaptek, ini buktinya bisa ngeblog hehe..

Reply
avatar
sambilngopi
AUTHOR
April 19, 2016 at 11:11 AM delete

OS Android setiap serinya tidak begitu memberikan perbedaan yang signifikan kalo menurut gw. Tapi tetap menjadi favorit, sih. N itu mungkin singkatan dari Nasi Padang.

Reply
avatar

Terima kasih sudah mau berkunjung dan meninggalkan jejak di mari. EmoticonEmoticon