Log out Sejenak dari Dunia Maya

Horas Silalahi | December 29, 2015 | |
Horas bah!!!

Sosial Media (Sosmed) bukan lagi hal baru bagi masyarakat. Sebut saja facebook atau twitter yang sudah banyak digunakan orang. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orangtua rata-rata punya akun (baca : account) di sosial media tersebut. Bahkan lebih menggelikan lagi [geli buat gue], satu orang ada yang memiliki lebih dari satu akun facebook /twitter. Haha...seakan satu kebanggaan tersendiri.
Namun, apakah kita pernah menyadari akan dampak negatif yang ditimbulkan akibat keasikan di dunia (maya) sosial media ?

Gagal Focus 
Intermezo by : 4tawa.co
Saking asiknya main facebook /twitter, terkadang kita sampai lupa diri. Kita tidak focus atau tidak konsen terhadap apa yang kita lakukan. Bahkan lebih parah lagi, kerjaan kita kadang terbengkalai hanya demi statusisasi di dunia (maya) sosial media.

Cuek
Ini juga tidak jarang kita temui dalam keseharian. Banyak dari kita yang cuek bahkan terkadang lupa akan kehidupan di sekitar. Gue sendiri sudah beberapa kali ketemu sama orang yang begini. Pernah satu kali dalam bus angkutan umum, duduk sebelahan sama cewek. Orangnya asik dengan gadget-nya. Sekilas gue lihat tampilan layarnya TL twitter. Pas si abang kondektur gunting (minta ongkos) penumpang, ceweknya cuek abiss...seakan dunia milik pribadi. 3 kali ditagih gak ada respon sama sekali, padahal si abang udah krincing-krincingin koinnya. "Neng, ongkosnya!!!" si abang teriak, baru si cewek menoleh. Kemudian buka dompet dan bayar ongkos dengan raut muka datar (tanpa dosa) mata tetap ke gadget.

Malas
Kecanduan dunia (maya) sosial media juga bisa membuat kita malas. Apalagi kalau main twitter /facebook-nya dengan posisi wuenak, udah deh pasti makin malas mau ngapa-ngapain juga. Badan rasanya berat buat digerakkan lagi. Bahkan lebih parah lagi, kita terkadang jadi malas untuk bersosialisasi dengan dunia nyata.

Jadi Korban
Ini merupakan dampak yang paling parah dan merugikan. Kita sebagai sosialita bisa menjadi korban kejahatan atau bahkan bisa menjadi korban atas kelalaian sendiri. Sering kita dengar berita atau peristiwa yang menyebutkan orang meninggal hanya karena keasikan dengan dunia (maya) sosial media (Baca : Orang-Orang yang Meninggal Akibat Selfie). Dan ada juga korban-korban kejahatan yang bermula dari sosial media (Baca : Remaja Jadi Korban Facebook).

Ini hanyalah sebagian kecil efek samping dari kecanduan dunia (maya) sosial media. Masih banyak sisi negatif lainnya yang diakibatkan keasikan di dunia (maya) sosial media. Bukan hanya merugikan diri sendiri tapi juga orang sekitar.
So, mari menjadi sosialita yang cerdas dan bijak. Log out sejenak dari Dunia Maya-mu. Log out sejenak dari Dunia Maya tidak akan membuat kita rugi.
Mari log out sejenak dan kembali ke dunia nyata ;-)
http://butarraja.blogspot.co.id/2015/12/log-out-sejenak-dari-dunia-maya.html

1 comment:

  1. Kalau sejenak sih ngga pa pa.. Sekalian rehat tangan dan pikiran..
    Tapi sepertinya sedikit butuh usaha keras mengingat inet sudah termasuk salah satu kebutuhan pokok .. #hallah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mau berkunjung dan meninggalkan jejak di mari.

badge