Berkat XL, Nelayan Kini Online dengan Aplikasi mFish

Horas Silalahi | December 29, 2015 | |
Horas bah!!!

Perkembangan dunia digital kini semakin luas. Sebelumnya kita sudah dikenalkan dengan transportasi berbasis online yaitu ojek online dan taksi online. Dan sekarang hadir inovasi terbaru yaitu nelayan berbasis online dengan aplikasi "mFish."
Pada tanggal 28 Desember kemarin, PT XL Axiata Tbk (XL) dan Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura mengikat kerjasama dengan mengimplementasikan program pemanfaatan sarana digital "mFish" kepada masyarakat nelayan di 6 desa. Program kerjasama yang bertemakan “Sinergi mFish dan Perikanan yang Berkelanjutan” tersebut dihadiri oleh lebih dari 110 orang perwakilan nelayan.
Vice President East Region XL, Desy Sari Dewi mengatakan,“Alhamdulillah, akhirnya implementasi program mFish di Kabupaten Pamekasan ini dapat kami wujudkan segera. Dengan demikian maka sekali lagi kami memenuhi komitmen untuk mendukung masyarakat Madura dalam memajukan daerah melalui implementasi sarana telekomunikasi dan teknologi digital. Kami berharap, dengan menggunakan aplikasi mFish, masyarakat nelayan Pamekasan akan mampu meningkatkan hasil tangkapan mereka, yang pada akhirnya juga akan meningkatkan kualitas hidup.”
Serah terima perangkat mFish kepada nelayan - foto XL press release

Pada acara tersebut, Wakil Bupati Pamekasan, Kholil Asyari menyerahkan paket pendukung aplikasi mFish kepada perwakilan nelayan. Paket tersebut berupa perangkat smartphone yang sudah ter-install aplikasi mFish dilengkapi dengan gratis biaya paket data selama 6 bulan dari XL (1GB/bulan), serta alat pengisi batere tenaga surya.
Bantuan perangkat pendukung mFish - foto XL press release
Lewat aplikasi mFish ini XL mendekatkan nelayan agar lebih mengenal teknologi serta dapat memanfaatkannya. Harapannya, dengan adanya aplikasi mFish ini membantu nelayan untuk meningkatan produktivitas dalam menangkap ikan di laut. Karena dengan aplikasi ini, nelayan bisa mendapatkan berbagai informasi pokok untuk bekal melaut, seperti arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, cuaca secara umum, juga lokasi keberadaan plankton. Selebihnya, mFish juga membantu mereka dari sisi keselamatan, budidaya perikanan, harga ikan di pasar, dan juga pelestarian lingkungan.
Dan dengan kerjasama ini Dinas Kelautan dan Perikanan setempat juga akan bisa mendapatkan data riil dari nelayan. Mulai dari harga ikan hingga jumlah tangkapan dalam jangka waktu tertentu. Untuk itu, diharapkan nelayan mampu menggunakan peralatan digital tersebut secara efektif.
XL berharap, penggunaan sarana digital ini akan terus meluas. Untuk itu, menurut Desy, XL berkomitmen akan terus meningkatkan kualitas layanan mFish ini, antara lain dengan memperkaya fitur yang ada sehingga semakin membantu nelayan serta memastikan kualitas informasi yang ada sehingga tingkat akurasinya semakin tinggi.
Setelah Kabupaten Pamekasan, menyusul segera XL akan menandatangai kerjasama mFish dengan Pemkab Bangkalan dan Pemkab Sumenep. Dengan demikian total tidak kurang dari 350 paket mFish akan dimanfaatkan di Madura pada tahap awal ini. (RILIS)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mau berkunjung dan meninggalkan jejak di mari.

badge UA-61936554-2